BerandaBeritaVideo

RS Darurat Covid-19 Batam Akan Beroperasi Senin Depan

02 April 2020 06:16

JAKARTA - Pemerintah menargetkan Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, akan beroperasi pekan depan. Fasilitas RS di Pulau Galang merupakan yang kedua disiapkan oleh pemerintah, setelah Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta 

“Ini maksimal (hari) Senin sudah bisa dioperasikan,” Kata Presiden usai meninjau RS Darurat Penanganan Covid-19 di Batam, seperti dikutip dari Setkab.go.id, kemarin (1/4).

Pengerjaan RS ini dilakukan atas perintah Presiden pada awal Maret 2020 guna menangani WNI yang terpapar wabah tersebut. RS Darurat tersebut direncanakan untuk memiliki daya tampung sebanyak 1.000 tempat tidur yang dalam situasi saat ini diperuntukkan untuk merawat dan mengisolasi pasien Covid-19.

Presiden mengatakan bahwa sejumlah fasilitas tersebut dipersiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Namun, ia berharap agar fasilitas yang ada tersebut nantinya tidak digunakan oleh karena meningkatnya pasien terpapar virus korona yang membutuhkan perawatan. “Sejak awal saya sampaikan, ini dibangun memang untuk menyiapkan itu. Kita harapkan enggak dipakai. Nanti kalau sudah semuanya selesai baru ini akan kita alihkan pada penggunaan yang lain. Rencananya memang untuk rumah sakit penyakit-penyakit menular dan riset,” katanya.

Fasilitas RS Darurat di Pulau Galang memiliki tiga zonasi antara lain, Zona A merupakan fasilitas penunjang bagi para dokter dan paramedis. Sementara Zona B diperuntukkan bagi fasilitas medis dan tempat isolasi serta observasi bagi pasien yang dirawat. Dan, Zona C difungsikan sebagai area cadangan untuk pengembangan fasilitas-fasilitas lainnya di area rumah sakit, sekaligus akan dijadikan pusat riset tersebut. (LK)

© 2024 - IDN Financials - All Rights Reserved.