BerandaBeritaVideo

Pefindo turunkan peringkat Panorama Sentrawisata jadi idBBB-

13 April 2020 15:48

JAKARTA. Perkiraan menurunnya pendapatan dan laba PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) tahun ini akibat anjloknya kinerja sektor pariwisata mendorong PT Pemeringkatan Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat utang Medium Term Notes (MTN) perusahaan travel itu menjadi idBBB- dari idBBB+.

Agung Iskandar dan Samgar Effember analis Pefindo mengatakaan dampak sistematik covid-19 yang melahirkan kebijakan social distancing bahkan lockdown di beberapa negara akan menurunkan kinerja PANR.

Menurut analis Pefindo itu, pembatalan sebagian besar pemesanan perjalanan wisata yang terjadi sejak Februari 2020, diperkirakan akan menurunkan pendapatan dan Ebitda. “Pendapatan akan pulih pada kuartal terakhir tahun 2020 seiring  strategi mitigasi pemerintah dan asumsi meredanya pandemi ini karena musim panas,” demikian analisa Pefindo dalam siaran pers (13/4).

Penurunan peringkat juga karena antisipasi melemahnya kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban termasuk MTN yang jatuh tempo pada 2021, dan melemahnya perseroan membiayai kegiatan operasional ditengah permintaan yang masih melemah sektor pariwisata untuk dua sampai tiga tahun ke depan. (AM)

© 2024 - IDN Financials - All Rights Reserved.